Budaya organisasi ini tentu memiliki peran
besar dalam menentukan kesuksesan organisasi merealisasikan tujuan-tujuannya.
Uraikanlah bagaimana peran sebuah budaya organisasi yang baik bagi kesuksesan
sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuannya!
Peran budaya
organisasi bagi kesuksesan sebuah
organisasi dapat dilihat dari efesiensi dan produktivitas kinerja para karyawan
atau pekerjanya. Pada kesempatan ini saya ingin mencontohkan budaya organisasi
sebuah perusahaan riteil yang berkembang pesat yaitu Alfamart.
Alfamart didirikan oleh
Djoko Susanto yang berawal dari usaha kecil keluarganya yang berdiri pada tahun
1999. Dengan visi, misi dan budaya yang diciptakan oleh perusahaan tersebut
mampu menciptakan budaya organisasi yang baik bagi perusahaan. Dengan visi “
Menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas,
berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan
harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global “. Visi yang diciptakan
memicu pengusaha kecil untuk turut serta dalam mengembangkan usahanya, sehingga
dapat dilihat hampir disetiap lokasi terdapat alfamart. Budaya organisasi dari perusahaan ini
menciptakan image dimasyarakat bahwa
berbelanja kebutuhan dapat dipenuhi dengan mudah dan nyaman karena jarak yang
relative dekat dengan pemukiman penduduk. Selain itu organisasi niaga ini juga
berupaya menciptakan budaya organisasi yang positif bagi pekerja atau karyawan,
dengan misinya memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus
pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul. Organisasi ini juga memiliki
motto “Belanja Puas, Harga Pas”. Budaya organisasi ini memberikan gambaran
bahwa kepuasan pelanggan atau konsumen merupakan prioritas utama bagi
perusahaan sehingga karyawan yang bekerja pun dituntut memberikan pelayanan
yang terbaik.
Dari contoh perusahaan riteil alfamart dapat
dilihat bagaimana budaya yang diciptakan oleh sebuah organisasi mampu membawa perusahaan
mencapai kesuksesan. Dengan ditunjang manajemen yang baik, perusahaan dapat
berkembang mencapai tujuan utamanya. Selain itu kebijakan yang diterapkan juga
merupakan cerminan tujuan organisasi, seperti kebijakan yang konsisten secara
internal maupun kebijakan dengan memberikan keleluasaan dalam pengambilan
keputusan. Kebijakan juga harus dikomunikasikan kepada anggota organisasi. Hal
ini dapat dilihat dengan tidak adanya demo atau unjuk rasa yang dilakukan oleh
karyawan Alfamart. Budaya komunikasi yang baik dalam organisasi dapat menstabilkan kondisi lingkungan kerja,
Kebijakan komunikasi menggambarkan suatu penempatan tujuan yang ingin dicapai
oleh organisasi.
No comments:
Post a Comment