Jelaskan beberapa
persyaratan bagi komunikator yang handal?
Komunikator adalah pihak yang
mengirim pesan dalam proses komunikasi baik secara perorangan maupun kelompok.
Sebagai seorang komunikator
diharapkan dapat memberikan atau meyuguhkan isi pesan yang sesuai dengan
kebutuhan komunikan/ khalayak. Penyajian serta cara penyampaian yang tepat
diharapkan dapat memberikan dampak positif sesuai dengan perencanaan
komunikasi. Bagi para perencana komunikasi perlu memikirkan cara terbaik untuk
menampilkan sumber/ komunikator dengan karakter yang mampu meyesuaikan dengan
komunikan.
Menguasai materi bagi seorang
komunikator adalah sebuah keharusan yang harus dikuasai sebelum meyampaikan isi
pesan kepada audiens/ komunikan.
Menurut Ruben dan Stewart, agar pesan
dapat diterima oleh khalayak terdapat beberapa syarat yaitu,
1. Proximity
( Kedekatan dengan khalayak )
Semakin
tinggi tingkat kedekatan antara khalayak dengan komunikator maka diharapkan
khalayak dapat lebih mudah untuk menerima isi pesan. Misalnya saja pada saat
seorang dosen ilmu komunikasi Universitas Terbuka menyampaikan teori komunikasi
kepada para mahasiswanya, tentunya isi pesan yang disampaikan akan diterima
dengan baik oleh para mahasiswa Universitas Terbuka, hal ini akan terlihat
berbeda jika yang meyampaikan teori tersebut berasal dari dosen bidang yang
berbeda.
2. Attractiveness
( Mempunyai kesamaan dan daya tarik social dan fisik )
Seorang
komunikator harus dapat bersikap fleksibel terhadap khalayak. Ragam khalayak
dengan segala tuntutan dan keingintahuannya harus dapat ditanggapi positif oleh
seorang komunikator. Misal, adakalanya khalayak bersikap menyudutkan
komunikator dalam bertanya, sebagai seorang komunikator yang handal harus dapat
menyikapi dengan ramah, bersahabat, hangat dan berempati dalam setiap
pertanyaan yang diajukan.
3. Similarity
( Kesamaan )
Kesamaan
ini umumnya antara lain, gender, pendidikan,umur, agama, latar belakang social,
ras, hobi, dan kemampuan bahasa. Salah satu contoh similarity dapat kita lihat
pada seorang pemandu akitifitas arung jeram. Sebagai seorang pemandu/
komunkator setiap instruksi yang diberikan kepada anggota arung jeram akan
senantiasa diikuti, hal ini disebabkan latar belakang pemandu yang dianggap
berpengalaman.
Komunikator
memang hanyalah manusia biasa yang tidak lepas dari segala kekurangan, namun
sebagai bagian dari perencanaan komunikasi, mempersiapkan komunikator yang
handal sangat diperlukan agar isi pesan dapat lebih mudah diterima oleh
khalayak atau komunikan.
Selain dari
beberapa syarat yang telah disampaikan, ada beberapa pendukung guna komunikator
dapat dikatakan handal dibidangnya yaitu,
1. Dikenal
kredibilitas dan otoritasnya.
Orang memiliki
pengetahuan dan pengalaman yang luas akan dipandang kredibel dan dapat
dipercaya oleh khalayak. Misalnya saat terjadi bencana gunung meletus, maka
prediksi dari BNPB ( Badan Nasional Penanggulangan Bencana ) dipercaya
masyarakat dan pemerintah untuk mengantisipasi bencana tersebut.
2. Menunjukan
motifasi dan niat.
Cara komunikator
menyampaikan pesan berpengaruh terhadap audiens dalam member tanggapan terhadap
pesan tersebut.
3. Pandai
dalam cara penyampaian pesan.
Komunikator tidak hanya
dituntut memiliki pengetahuan yang luas namun seperti yang telah diungkapkan
sebelumnya bahwa seorang komunikator harus bersikap fleksibel membaca situasi
khalayak. Misalnya untuk mengatasi kejenuhan dalam menyampaikan isi pesan dapat
diselingi dengan humor atau pertanyaan seputar isi pesan.
4. Dikenal
status dan kewenangannya.
Komunikator yang
memiliki status dan kewenangan umumnya isi pesan yang akan disampaikannya akan
lebih mudah diterima oleh khalayak. Misalnya ketika gubernur DKI Jakarta
mengatakan pengusuran dibutuhkan untuk dilakukan dibeberapa daerah tertentu
maka hal itu dianggap memang perlu dilakukan.
Dalam
perencanaan komunikasi, komunikator merupakan salah satu ujung tombak
keberhasilan dalam perencanaan. Oleh sebab itu memastikan kualitas komunikator
sebelum mengirimnya kepada khalayak/ audiens amat diperlukan.
Dari segi
kinerjanya, seorang komunikator harus pandai memilih pesan yang akan
disampaikan kepada khalayak.
Dalam sebuah
kampanye komunikasi, tidak hanya diperlukan “komunikator hebat” dengan segala
atribut kredibilitasnya serta kepandaian menyampaikannya, tetapi juga
membutuhkan “komunikator yang cerdas” yang memahami kemampuan dan kebutuhan
target sasarannya dengan memilihkan pesan yang tepat untuk khalayak.
Sumber :
Modul SKOM 4206 Perencanaan Program Komunikasi
No comments:
Post a Comment