Konsep
dasar bauran pemasaran merupakan paduan dari empat komponen yang diperhitungkan
dalam menyusun rencana pemasaran,
a.Sebutkan dan jelaskan
empat komponen bauran pemasaran tersebut.
b.Berikanlah contoh kasus
bauran pemasaran berkaitan dengan rencana pemasaran media massa.
1. Empat komponen dalam
bauran pemasaran, yaitu :
i.
Produk (product )
Dalam
pemasaran, perusahaan perlu menentukan produk apa yang akan dipasarkan sesuai
dengan target market perusahaan dan
kebutuhan konsumen yang dituju.
ii.
Harga (price)
Harga
merupakan salah satu elemen penting yang perlu dipertimbangkan karena
menyangkut kelangsungan produk tersebut. Jika harga jual melebihi standart
harga produk lainnya maka akan sulit untuk dipasarkan.
iii.
Promosi (promotion)
Promosi
adalah penunjang dari keberhasilan pemasaran suatu produk. Dengan menetapkan
sasaran konsumen yang dituju maka promosi membantu pengkomunikasian kepada
konsumen.
iv.
Sistem distribusi (place)
Tempat
distribusi yang tepat akan memudahkan konsumen dalam membeli produk yang
ditawarkan.
2. Salah satu contoh
kasus bauran pemasaran berkaitan dengan rencana pemasaran media adalah Line Pay
e-cash.
I.
Produk, yang ditawarkan yaitu layanan
pembayaran secara elektronik. Produk yang berupa aplikasi ini memberikan
kemudahan dalam hal pembayaran seperti setor tunai, pengiriman uang, tarik
e-cash, pembelian pulsa, pembelian rekening listrik, pembayaran e-commerce dll.
II.
Harga. Terdapat potongan harga pada
aplikasi ini jika konsumen menggunakan pembayaran pada layanan aplikasi line
pay e-cash.
III.
Promosi. Agar aplikasi layanan ini
banyak di download oleh konsumen maka manajemen pemasaran melakukan kerjasama
dengan pihak lain seperti kerjasama dengan Indomart, setiap konsumen yang
mendownload aplikasi ini akan mendaptkan potongan belanja di Indomart senilai
Rp 10.000,00
Tempat yang dijadikan
“lahan” promosi ini dilakukan langsung pada layanan Line sehingga pengguna Line
secara serentak mendapatkan informasi produk-produk yang dikeluarkan Line.
No comments:
Post a Comment