Beberapa syarat dalam
pelayanan umum antara lain,
1.
Tingkah laku yang sopan
Sopan
merupakan budaya penduduk Indonesia pada umumnya. Pelestarian budaya sopan
santun di Indonesia ditanamkan melalui pendidikan informal yaitu diajarkan oleh
orang tua kepada anak-anaknya
Sopan
santun berarti peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan manusia didalam
masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan dalam keseharian. Sopan
santun haruslah diterapkan dimanapun kita berada dan salah satunya sebagai pelaku pelayanan, tingkah laku yang sopan
merupakan salah satu syarat dalam memberikan pelayanan. Pelanggan sendiri
memiliki banyak tipe dan karakter sehingga tingkat kepuasannya pun berbeda –
beda. Dengan bersikap sopan santun akan memberikan nilai positif dimata
pelanggan sehingga menciptakan situasi yang nyaman dan penuh keharmonisan.
2.
Cara menyampaikan
Cara
penyampaian yang tepat dengan intonasi bicara yang baik akan mengurangi
persepsi yang salah, yang mungkin timbul saat menyampaikan pesan. Pelanggan
akan merasa kecewa bahkan marah jika pelaku pelayanan bersikap kasar atau ketus
dalam menyampaikan pesan. Misalnya saja ketika di salah satu rumah sakit swasta
tempat anak saya dirawat, pelaku pelayanan mengatakan dengan ketus mengenai
kondisi anak saya. Tentunya hal ini sangat mengecewakan saya.
3.
Waktu penyampaian
Waktu
penyampaian yang tepat atau sesuai waktu menjadi hal yang dibutuhkan oleh
pelanggan. Misalnya saja trend yang saat ini sedang marak yaitu, trend belanja
online dalam menyampaikan stock barang yang tersedia. Jika penyedia layanan
lambat dalam menjawab ketersediaan stock, pelanggan akan menunggu lama dengan
persaaan kecewa. Sebagai penyedia layanan, membiarkan pelanggan menunggu lama,
menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan atau kenyamanan pelanggan.
4.
Keramahtamahan
Keramahtamahan
sebagai penyedia layanan tercermin dari sikap yang ditunjukkan. Misalnya, pada
saat saya berada teller salah satu bank swasta yang kebetulan teller tersebut
masih baru. Pelayanan yang diberikan cukup lama, namun dengan keramahantamahan
serta sikap sopan yang ditampilkan oleh teller ( penyedia layanan) memberikan
simpati saya untuk memaklumi hal tersebut.
No comments:
Post a Comment