Thursday, March 19, 2015

3 Mazhab Filsafat Beserta Kelebihannya

1.      Sebutkan dan jelaskan 3 mazhab filsafat yang paling anda ketahui dan kuasai

A.             EMPIRISME

Mazhab ini muncul pada zaman yang sama dengan rasionalisme yaitu pada abad 17 dan merupakan kebalikan dari mazhab rasionalisme. Mazhab ini menyatakan bahwa pengalamanlah yang menjadi sumber pengetahuan, baik pengetahuan bathiniah maupun rohaniah. Metode yang dipakai adalah metode induktif ( khusus –umum ). Dimana metode ini mengambil kesimpulan dari suatu kebenaran yang bersifat khusus kepada hal-hal yang bersifat umum. Pengalaman dalam kehidupan sehari-hari merupakan pembelajaran yang sangat berperan dengan pengalaman dapat mengukur sejauh mana kemampuan tiap individu dalam menyelesaikan setiap kendala.
Thomas Hobbes adalah orang pertama yang mengikuti mazhab ini ( 1588-1679 ).    Bagi Thomas filsafat adalah suatu ilmu pengetahuan tentang efek atau akibat dari merasionalisasikan pengetahuan yang dimiliki. Sasaran filsafat adalah fakta-fakta yang diamati dengan maksud mencari penyebabnya. John Locke ( 1632-1704 ) merupakan penerus Thomas, menurut kedua tokoh ini pengalaman adalah awal dari semua pengetahuan yang dapat memberikan kepastian.

B.              POSIVITISME

August Comete ( 1798-1857 ) pada abad ke 19, tokoh yang mempelopori mazhab positivisme. Mazhab ini berpendirian bahwa pemikiran filsafat berpangkal dari apa yang diketahui, yang factual, yang positif sehingga sesuatu yang bersifat metafisis ditolak, manusia tidak mencari yang berada dibelakang fakta dan dengan rasionya manusia berusaha menetapkan relasi-relasi antar fakta.
August menyatakan bahwa perkembangan pemikiran manusia baik sebagai pribadi maupun manusia secara keseluruhan meliputi 3 zaman yaitu :
1.      zaman teologis : percaya pada kuasa adikodrati
2.      zaman metafisis : kuasa adikodrati diganti dengan konsep-konsep dan prinsip yang abstrak
3.      zaman positif : pada zaman ini mulai dihasilkan ilmu pengetahuan dalam arti yang sebenarnya.

C.              PRAGMATISME

Tokoh dari mazhab ini adalah John  Dewey ( 1859-1952 ) yang muncul pada abad ke 20. Menurutnya filsafat adalah memberikan garis pengarahan bagi perbuatan dalam kenyataan hidup, yang berpijak pada pengalaman serta berpedoman pada logika pengamatan.
John Dewey menyatakan bahwa tugas filsafat adalah memberikan garis-garis pengarahan  dalam kenyataan hidup. Oleh karena itu filsafat tidak boleh tenggelam dalam pemikiran yang metafisis. Pragmatisme bersedia menerima segala sesuatu, asal membawa akibat yang praktis dan pengalaman pribadi diterima asal bermanfaat.

2.      Bandingkan ketiga mazhab tersebut dan uraikan kelebihan masing-masing mazhab tersebut.

Dari ketiga mazhab tersebut menurut saya hampir sama hanya berbeda tolak ukurnya saja, seperti mazhab empirisme dengan pragmatism. Kedua mazhab ini sama-sama menerima adanya kebenaran metafisis hanya saja pada mazhab pragmatism dapat diterima jika membawa manfaat. Sedangkan pada emperisme kebenaran metafisis atau batiniah dapat diterima asalkan berdasarkan pengalaman. Hal ini berbeda dengan mazhab positivisme yang menolak adanya kebenaran metafisis karena mengganggap pengetahuan tidak boleh melewati fakta-fakta. Namun mazhab positivisme memiliki kesamaan dengan mazhab emperisme yaitu sama-sama berdasarkan pengalaman, hanya saja mazhab positivisme membatasi pengalaman yang bersifat objektif, yang tampak sedangkan empirisme menerima pengalaman yang batiniah dan bersifat subjektif.

KELEBIHAN MAZHAB EMPIRISME

Mazhab ini menjadikan pengalaman sebagai sumber pengetahuan. Dalam keseharian seringkali kita mendengar “bisa karena biasa” hal inilah yang mendasari bahwa pengalaman yang dilalui akan menjadi guru yang baik. “Learning by doing” juga merupakan kata-kata yang tidak asing diteliga. Inilah yang menjadi kelebihan bagi mazhab empirisme, yang lebih mengutamakan segala sesuatu yang real atau benar-benar terjadi sehingga dapat ditarik pengetahuan didalamnya. Walaupun masih dapat menerima kebenaran dengan sumber metafisis namun hal tersebut tetap harus sesuai dengan pengalaman.

KELEBIHAN MAZHAB POSITVISME

Kelebihan pada mazhab ini adalah perkembangan pemikiran manusia baik sebagai pribadi maupun manusia sudah mulai digolongkan oleh August Comte. Sehingga dapat terlihat jelas perubahan pola pikir manusia dalam berfilsafat. Mulai dari yang awalnyaa lebih mempercayai hal-hal kuasa adikodrati hingga ilmu pengetahuan yang mulai dihasilkan dan digunakan.

KELEBIHAN MAZHAB PRAGMATISME

Pada mazhab ini lebih memperhitungkan hal-hal yang dianggap bermanfaat, baik secara objektif maupun subjektif. Namun tidak mencegah kecendrungan terhadap hal-hal metafisis sejauh hal tersebut bermanfaat.
Selain itu kelebihan dari mazhab pragmatism ini mengajarkan bahwa yang benar adalah apa yang membuktikan dirinya dengan membawa akibat yang bermanfaat secara praktis serta kritis.

Sumber :

Modul SKOM 4323

No comments:

Post a Comment