Thursday, March 19, 2015

Tugas 1 " Opini Publik "

Pada kesempatan ini saya ingin mengangkat tentang “ Isu Kekerasan di Papua Belum Dipahami Masyarakat”.
            Data Elsham Papua periode 2012-2014 meneyebutkan terdapat 389 kasus kekerasan dipulau Papua. Semuanya berdampak kepada kesejahteraan perempuan Papua.
            Zandra Mambrasar dari Elsham papua memaparkan bentuk kekerasan tidak langsung kepada perempuan Papua oleh aparat lebih tinggi daripada kekerasan langsung, melainkan secara emosianoal. Suami dan anak laki-laki mereka yang ditangkap menjadikan tekanan, selain itu mereka juga terpaksa menjadi tulang punggung keluarga sementara hasil kebun mereka dirusak. Hal ini yang meyebabkan perempuan Papua berada dalam lingkaran kemiskinan.
Kekerasan pada perempuan ini sangat beragam bentuknya, misalnya kasus pemerkosaan, penganiyaan, penahan dan pengilangan nyawa. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( KPP-PA ) menilai kasus KDRT pada tahun 2012 di Papua masih tinggi.
Sangat disayangkan jika kasus sebesar ini terus bergulir tanpa adanya penanganan. Isu ini harus lebih banyak diangkat keruang public sehingga masyarakat dapat memahami dengan jelas apa yang sebenarnya terjadi ditanah Papua.
Diharapkan tokoh-tokoh perempuan Papua dapat menjadi tokoh pembaharuan bagi kemajuan perempuan di Papua sehingga tidak ada lagi kekerasan yang terjadi.


Sumber :

http://www.jpnn.com/read/2014/11/14/269731/Kasus-KDRT-Paling-Tertinggi-di-Papua

No comments:

Post a Comment