Dewasa ini, perkembangan media massa
elektronik, khususnya televisi di Indonesia cukup pesat. Hal ini ditandai
dengan munculnya berbagai stasiun televisi swasta seperti TPI, RCTI, SCTV,
Indosiar, Metro TV, Trans TV, LatiVi, TV-7, Global TV, JTV, TV education,
dan lain-lain. Teknologi komunikasi ini telah menjadi komponen yang tidak
terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selama 24 jam stasiun televisi saling
berpacu menyajikan acara dan siarannya, seperti berita, kriminalitas,
kekerasan, drama, dan sinetron yang paling banyak digemari masyarakat. Pengaruh
tayangan televisi tersebut menyebabkan banyak anak-anak yang lalai mengerjakan
pekerjaan rumah dengan alasan sibuk menonton televisi. Bahkan banyak yang
terlambat masuk sekolah gara-gara terlambat bangun tidur karena semalaman
menonton televisi. Data siswa SD Negeri 1 Mulyorejo – Surabaya menunjukkan
bahwa siswa yang terlambat masuk sekolah mencapai 60% perhari. Akibatnya,
prestasi belajar siswa mengalami penurunan, dengan indikator banyak siswa yang
tinggal kelas.
Banyaknya jumlah siswa yang tinggal kelas
di SD Negeri 1 Mulyorejo – Surabaya, maka Kepala Sekolah berencana meneliti
seluruh siswa yang berjumlah 500 orang, dengan perincian siswa kelas I sebanyak
75 orang, siswa kelas II sebanyak 110 orang, siswa kelas III sebanyak 85 orang,
siswa kelas IV sebanyak 50 orang, siswa kelasV sebanyak 65 orang, dan siswa
kelas VI sebanyak 115 orang. Kepala sekolah menatapkan sampel sebanyak 300
orang dari populasi.
Bacalah contoh kasus di atas, kemudian
jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.Cobalah
Anda rumuskan judul penelitian yang paling cocok untuk dijadikan sebagai suatu
penelitian sosial.
2.Tentukan
mana variabel dependent (variabel tergantung/terikat) dan
variabel independent (variabel bebas) yang dapat Anda
identifikasi dari masalah di atas.
3.Coba
tentukan jenis penelitian yang paling tepat. Jelaskan alasan anda.
4.
Uraikan desain penelitian yang seharusnya dipilih bagi
penelitian ini.
JAWAB
1.
Judul penelitian yang tepat menurut saya adalah Dampak Negatif Media Massa Elektronik Bagi Siswa.
2.
Variabel dependent (
variable tergantung/ terikat ) adalah dampak negative perkembangan media
massa elektronik bagi siswa SD Negeri 1 Mulyorejo.
Variabel independent (
variable bebas ) antara lain :
·
Banyaknya siswa yang lalai dalam mengerjakan pekerjaan rumah
·
Siswa terlambat masuk sekolah karena tidur terlalu larut malam
·
Prestasi belajar para siswa mengalami penurunan
3.
Menurut saya jenis penelitian yang paling tepat digunakan yaitu
penelitian evaluatif. Penelitian evaliatif bertujuan menilai berapa persenatase
dampak negatif yang ditimbulkan oleh media massa elektronik. Oleh sebab itu
Kepala Sekolah meneliti seluruh siswanya dengan menetapkan sempel dari
populasi. Dari hasil yang didapat itulah yang nantinya akan digunakan Kepala
Sekolah untuk mengantisipasi penurunan prestasi siswa sehingga media massa
elektronik tidak lagi menjadi salah satu faktor penghambat.
4.
Desain penelitian yang
tepat adalah penelitian korelasional karena bertujuan melihat hubungan
dua gejala atau lebih. Media massa sebagai gejala pertama dan siswa SD sebagai
gejala yang kedua. Gejala yang diteliti adalah dampak media massa elektronik
bagi perkembangan kecerdasan siswa sekolah SD. Media massa yang seyogyanya
merupakan perkembangan inovasi justru menjadi batu sandungan bagi para siswa
SD. Dengan adanya penelitian yang dilakukan Kepala Sekolah diharapkan pihak
sekolah mempunyai solusi yang tepat serta para siswa dapat kembali meraih
prestasi disekolah dan media massa elektronik tetap menjadi sarana hiburan yang
mendidik.
Modul UT ISIP 4216
kalau untuk menentukan teknik sampelnya bagimana ya kak?
ReplyDeletejelaskan mana populasinya dari sampel dan menentukan tehnik pengambilan sample, Gmana ya pak?
ReplyDelete