Friday, March 20, 2015

Desain dan Jenis Penelitian

Dewasa ini, perkembangan media massa elektronik, khususnya televisi di Indonesia cukup pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai stasiun televisi swasta seperti TPI, RCTI, SCTV, Indosiar, Metro TV, Trans TV, LatiVi, TV-7, Global TV, JTV, TV education, dan lain-lain. Teknologi komunikasi ini telah menjadi komponen yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selama 24 jam stasiun televisi saling berpacu menyajikan acara dan siarannya, seperti berita, kriminalitas, kekerasan, drama, dan sinetron yang paling banyak digemari masyarakat. Pengaruh tayangan televisi tersebut menyebabkan banyak anak-anak yang lalai mengerjakan pekerjaan rumah dengan alasan sibuk menonton televisi. Bahkan banyak yang terlambat masuk sekolah gara-gara terlambat bangun tidur karena semalaman menonton televisi. Data siswa SD Negeri 1 Mulyorejo – Surabaya menunjukkan bahwa siswa yang terlambat masuk sekolah mencapai 60% perhari. Akibatnya, prestasi belajar siswa mengalami penurunan, dengan indikator banyak siswa yang tinggal kelas.
Banyaknya jumlah siswa yang tinggal kelas di SD Negeri 1 Mulyorejo – Surabaya, maka Kepala Sekolah berencana meneliti seluruh siswa yang berjumlah 500 orang, dengan perincian siswa kelas I sebanyak 75 orang, siswa kelas II sebanyak 110 orang, siswa kelas III sebanyak 85 orang, siswa kelas IV sebanyak 50 orang, siswa kelasV sebanyak 65 orang, dan siswa kelas VI sebanyak 115 orang. Kepala sekolah menatapkan sampel sebanyak 300 orang dari populasi. 
Bacalah contoh kasus di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.Cobalah Anda rumuskan judul penelitian yang paling cocok untuk dijadikan sebagai suatu penelitian sosial.
2.Tentukan mana variabel dependent (variabel tergantung/terikat) dan variabel independent (variabel bebas) yang dapat Anda identifikasi dari masalah di atas.
3.Coba tentukan jenis penelitian yang paling tepat. Jelaskan alasan anda. 
4. Uraikan desain penelitian yang seharusnya dipilih bagi penelitian ini. 
JAWAB
1.         Judul penelitian yang tepat menurut saya adalah Dampak  Negatif Media Massa Elektronik Bagi Siswa.
2.         Variabel dependent ( variable tergantung/ terikat ) adalah dampak negative perkembangan media massa elektronik bagi siswa SD Negeri 1 Mulyorejo.
Variabel independent ( variable bebas ) antara lain :
·         Banyaknya siswa yang lalai dalam mengerjakan pekerjaan rumah
·         Siswa terlambat masuk sekolah karena tidur terlalu larut malam
·         Prestasi belajar para siswa mengalami penurunan 
3.         Menurut saya jenis penelitian yang paling tepat digunakan yaitu penelitian evaluatif. Penelitian evaliatif bertujuan menilai berapa persenatase dampak negatif yang ditimbulkan oleh media massa elektronik. Oleh sebab itu Kepala Sekolah meneliti seluruh siswanya dengan menetapkan sempel dari populasi. Dari hasil yang didapat itulah yang nantinya akan digunakan Kepala Sekolah untuk mengantisipasi penurunan prestasi siswa sehingga media massa elektronik tidak lagi menjadi salah satu faktor penghambat.
4.         Desain penelitian yang  tepat adalah penelitian korelasional karena bertujuan melihat hubungan dua gejala atau lebih. Media massa sebagai gejala pertama dan siswa SD sebagai gejala yang kedua. Gejala yang diteliti adalah dampak media massa elektronik bagi perkembangan kecerdasan siswa sekolah SD. Media massa yang seyogyanya merupakan perkembangan inovasi justru menjadi batu sandungan bagi para siswa SD. Dengan adanya penelitian yang dilakukan Kepala Sekolah diharapkan pihak sekolah mempunyai solusi yang tepat serta para siswa dapat kembali meraih prestasi disekolah dan media massa elektronik tetap menjadi sarana hiburan yang mendidik.

Modul UT ISIP 4216

2 comments:

  1. kalau untuk menentukan teknik sampelnya bagimana ya kak?

    ReplyDelete
  2. jelaskan mana populasinya dari sampel dan menentukan tehnik pengambilan sample, Gmana ya pak?

    ReplyDelete