Pada
kesempatan Tugas 1 ini, saya akan mengumpamakan kampanye yang sering dilakukan
partai politik ( ParPol )
4
Tipe dasar tentang kesamaan sumber dan penerima yang dapat berperan terhadap
keberhasilan suatu kampanye adalah :
1. Relevansi
Relevansi
diartikan sebagai hubungan atau kaitan. Dalam kampanye seorang komunikator
harus menyesuaikan antara tujuan kampanye dengan opini yang dibutuhkan oleh
komunikan. Misalnya saja dalam kampanye partai politik. Umumnya masyarakat
mendukung partai politik yang pro rakyat, yang menyelenggarakan pendidikan dan
kesehatan gratis. Maka juru kampanye yang menyuarakan hal tersebut maka akan
didukung oleh masyarakat karena memiliki kesamaan tujuan, keinginan dan
tindakan yang diharapkan.
2. Tidak
Relevan
Hal
ini merupakan kebalikan dari sikap komunikan yang pro dari kampanye yang
disuarakan. Kampanye yang dianggap masyarakat hanya mementingkan tujuan dari
partai politik saja tidak akan mendapat dukungan dari masyarakat. Misalnya saja
presiden yang pada awal pemilihannya menyuarakan tentang kebutuhan pokok yang
murah namun pada kenyataanya saat menjabat hal tersebut berbanding terbalik,
maka pada periode berikutnya presiden tersebut tidak akan dipilih kembali oleh
masyarakat. Hal ini disebabkan janjinya tidak relevan dengan kenyataannya.
3. Sikap
Sikap
adalah pernyataan evaluative terhadap objek, orang atau peristiwa. Pada tipe
ini umumnya komunikan mulai menunjukan sikapnya, seperti membuat slogan ataupun
membuat spanduk-spanduk yang mendukung aspirasinya. Contohnya ketika warga desa
Sukarindi yang bersimpati kepada calon presiden dari partai politik tertentu,
umumnya mereka memasang spanduk-spanduk dijalan, menyuarakan slogan-slogan
sebagai dukungan mereka.
4. Keanggotaan
Kelompok
Komunikan
pada tahap ini mulai lebih aktif dengan mengikuti keanggotaan. Misalnya saja
menjadi kader partai politik tertentu. Keangotaan dalam kelompok ini
menimbulkan rasa kebersamaan, solidaritas serta tujuan yang sama antar anggota.
Keeratan yang timbul diantara anggota akan memperkokoh partai politik tersebut.
Sumber
:
4 Tipe dasar tentang kesamaan sumber dan penerima yang dapat berperan terhadap keberhasilan suatu kampanye adalah :
ReplyDelete1. Relevansi
Kesamaan akan relevan manakala hal itu dihubungkan secara terarah dengan isu yang mendukung kredibilitas sumber atau hal-hal yang diusahakan untuk mengubah sikap.
Dalam kampanye seorang komunikator harus menyesuaikan antara tujuan kampanye dengan opini yang dibutuhkan oleh komunikan.
2. Tidak Relevan
Hal ini merupakan kebalikan dari sikap komunikan yang pro dari kampanye yang disuarakan. Kesamaan yang tidak releven adalah seseuatu yang tidak berhubungan dengan isu yang didiskusikan kredibilitas sumber atau hal hal yang dihasilkan untuk mengubah sikap. Kampanye yang dianggap masyarakat hanya mementingkan tujuan dari partai politik saja tidak akan mendapat dukungan dari masyarakat.
3. Sikap
Sikap adalah pernyataan evaluative terhadap objek, orang atau peristiwa. Pada tipe ini umumnya komunikan mulai menunjukan sikapnya, seperti membuat slogan ataupun membuat spanduk-spanduk yang mendukung aspirasinya.
4. Keanggotaan Kelompok
Keangotaan dalam kelompok ini menimbulkan rasa kebersamaan, solidaritas serta tujuan yang sama antar anggota Komunikan pada tahap ini mulai lebih aktif dengan mengikuti keanggotaan.
terima kasih, sudah menambahkan.
Delete