Tuesday, March 24, 2015

4 Tipe Dasar Kesamaan Sumber dan Penerima dalam Kampanye

Pada kesempatan Tugas 1 ini, saya akan mengumpamakan kampanye yang sering dilakukan partai politik ( ParPol )
4 Tipe dasar tentang kesamaan sumber dan penerima yang dapat berperan terhadap keberhasilan suatu kampanye adalah :
1.      Relevansi
Relevansi diartikan sebagai hubungan atau kaitan. Dalam kampanye seorang komunikator harus menyesuaikan antara tujuan kampanye dengan opini yang dibutuhkan oleh komunikan. Misalnya saja dalam kampanye partai politik. Umumnya masyarakat mendukung partai politik yang pro rakyat, yang menyelenggarakan pendidikan dan kesehatan gratis. Maka juru kampanye yang menyuarakan hal tersebut maka akan didukung oleh masyarakat karena memiliki kesamaan tujuan, keinginan dan tindakan yang diharapkan.

2.      Tidak Relevan
Hal ini merupakan kebalikan dari sikap komunikan yang pro dari kampanye yang disuarakan. Kampanye yang dianggap masyarakat hanya mementingkan tujuan dari partai politik saja tidak akan mendapat dukungan dari masyarakat. Misalnya saja presiden yang pada awal pemilihannya menyuarakan tentang kebutuhan pokok yang murah namun pada kenyataanya saat menjabat hal tersebut berbanding terbalik, maka pada periode berikutnya presiden tersebut tidak akan dipilih kembali oleh masyarakat. Hal ini disebabkan janjinya tidak relevan dengan kenyataannya.

3.      Sikap
Sikap adalah pernyataan evaluative terhadap objek, orang atau peristiwa. Pada tipe ini umumnya komunikan mulai menunjukan sikapnya, seperti membuat slogan ataupun membuat spanduk-spanduk yang mendukung aspirasinya. Contohnya ketika warga desa Sukarindi yang bersimpati kepada calon presiden dari partai politik tertentu, umumnya mereka memasang spanduk-spanduk dijalan, menyuarakan slogan-slogan sebagai dukungan mereka.

4.      Keanggotaan Kelompok
Komunikan pada tahap ini mulai lebih aktif dengan mengikuti keanggotaan. Misalnya saja menjadi kader partai politik tertentu. Keangotaan dalam kelompok ini menimbulkan rasa kebersamaan, solidaritas serta tujuan yang sama antar anggota. Keeratan yang timbul diantara anggota akan memperkokoh partai politik tersebut.

Sumber :

2 comments:

  1. 4 Tipe dasar tentang kesamaan sumber dan penerima yang dapat berperan terhadap keberhasilan suatu kampanye adalah :

    1. Relevansi
    Kesamaan akan relevan manakala hal itu dihubungkan secara terarah dengan isu yang mendukung kredibilitas sumber atau hal-hal yang diusahakan untuk mengubah sikap.
    Dalam kampanye seorang komunikator harus menyesuaikan antara tujuan kampanye dengan opini yang dibutuhkan oleh komunikan.

    2. Tidak Relevan
    Hal ini merupakan kebalikan dari sikap komunikan yang pro dari kampanye yang disuarakan. Kesamaan yang tidak releven adalah seseuatu yang tidak berhubungan dengan isu yang didiskusikan kredibilitas sumber atau hal hal yang dihasilkan untuk mengubah sikap. Kampanye yang dianggap masyarakat hanya mementingkan tujuan dari partai politik saja tidak akan mendapat dukungan dari masyarakat.

    3. Sikap
    Sikap adalah pernyataan evaluative terhadap objek, orang atau peristiwa. Pada tipe ini umumnya komunikan mulai menunjukan sikapnya, seperti membuat slogan ataupun membuat spanduk-spanduk yang mendukung aspirasinya.

    4. Keanggotaan Kelompok
    Keangotaan dalam kelompok ini menimbulkan rasa kebersamaan, solidaritas serta tujuan yang sama antar anggota Komunikan pada tahap ini mulai lebih aktif dengan mengikuti keanggotaan.

    ReplyDelete