Wednesday, October 5, 2016

BUDAYA ORGANISASI

Budaya organisasi ini tentu memiliki peran besar dalam menentukan kesuksesan organisasi merealisasikan tujuan-tujuannya. Uraikanlah bagaimana peran sebuah budaya organisasi yang baik bagi kesuksesan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuannya!

Peran budaya organisasi  bagi kesuksesan sebuah organisasi dapat dilihat dari efesiensi dan produktivitas kinerja para karyawan atau pekerjanya. Pada kesempatan ini saya ingin mencontohkan budaya organisasi sebuah perusahaan riteil yang berkembang pesat yaitu Alfamart.

Alfamart didirikan oleh Djoko Susanto yang berawal dari usaha kecil keluarganya yang berdiri pada tahun 1999. Dengan visi, misi dan budaya yang diciptakan oleh perusahaan tersebut mampu menciptakan budaya organisasi yang baik bagi perusahaan. Dengan visi “ Menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global “. Visi yang diciptakan memicu pengusaha kecil untuk turut serta dalam mengembangkan usahanya, sehingga dapat dilihat hampir disetiap lokasi terdapat alfamart. Budaya organisasi dari perusahaan ini menciptakan image dimasyarakat bahwa berbelanja kebutuhan dapat dipenuhi dengan mudah dan nyaman karena jarak yang relative dekat dengan pemukiman penduduk. Selain itu organisasi niaga ini juga berupaya menciptakan budaya organisasi yang positif bagi pekerja atau karyawan, dengan misinya memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul. Organisasi ini juga memiliki motto “Belanja Puas, Harga Pas”. Budaya organisasi ini memberikan gambaran bahwa kepuasan pelanggan atau konsumen merupakan prioritas utama bagi perusahaan sehingga karyawan yang bekerja pun dituntut memberikan pelayanan yang terbaik.


Dari contoh perusahaan riteil alfamart dapat dilihat bagaimana budaya yang diciptakan oleh sebuah organisasi mampu membawa perusahaan mencapai kesuksesan. Dengan ditunjang manajemen yang baik, perusahaan dapat berkembang mencapai tujuan utamanya. Selain itu kebijakan yang diterapkan juga merupakan cerminan tujuan organisasi, seperti kebijakan yang konsisten secara internal maupun kebijakan dengan memberikan keleluasaan dalam pengambilan keputusan. Kebijakan juga harus dikomunikasikan kepada anggota organisasi. Hal ini dapat dilihat dengan tidak adanya demo atau unjuk rasa yang dilakukan oleh karyawan Alfamart. Budaya komunikasi yang baik dalam organisasi dapat menstabilkan kondisi lingkungan kerja, Kebijakan komunikasi menggambarkan suatu penempatan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi.

No comments:

Post a Comment