Monday, April 3, 2017

TEKNIK PERSUASIF DAN KAITANNYA DALAM TUTORIAL ONLINE UT

1. Teknik persuasif apa saja yang Anda ketahui, sebutkan saja!
2. Sebutkan model pengaruh komunikasi persuasif yang Anda terima dari tuton ini!
Beberapa teknik persuasif yang saya ketahui adalah sebagai berikut :
Ø  The Yes- Respons Technique
Teknik yang pertama ini dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan dengan mengusahakan jawaban ‘ya’ dari persuadee. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan atau mengutarakan semua keinginan dari persuadee. Misalnya Seorang pimpinan perusahaan mengajukan pertanyaan kepada karyawannya, apakah kalian ingin mendapatkan kenaikan gaji, fasilitas tunjangan kesehatan, fasilitas kendaraan serta bonus akhir tahun yang menggiurkan? Maka bekerjalah dengan baik serta kerja keras agar target yang telah ditentukan oleh perusahaan dapat tercapai.
Dengan teknik ini persuadee tidak merasa terbebani karena apa yang akan dilakukannya dengan tujuan memenuhi keinginan mereka.
Ø  Putting It Up To You
Cara yang dilakukan pada teknik ini adalah dengan melakukan pendekatan secara psikologis dengan persuadee atau sasaran. Misalnya saja seorang ibu yang melakukan pendekatan agar buah hatinya tertarik untuk rajin membaca. Dengan pendekatan ini diharapkan sasaran terketuk hatinya untuk mengikuti keinginan dari persuader.
Ø  Stimulated Disenterest
Pimpinan perusahaan menjelaskan resiko dari tidak tercapainya target adalah tidak adanya bonus serta jika tidak mencapai target dalam jangka waktu tertentu maka karyawan tidak akan diperpanjang kontrak kerjanya. Sehingga tercapai atau tidaknya target adalah kebutuhan dari para karyawan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk contoh dari teknik Stimulated Disenterest. Teknik yang mengusahakan rasa kecemasan, menekan perasaan serta perubahan sikap dari persuadee agar tujuan persuader tercapai. Namun disampaikan seakan-akan yang membutuhkan terjadinya persuasi adalah sasaran itu sendiri.
Ø  Transfer
Transfer adalah lingkungan yang terasa berpengaruh pada hasil yang kita lakukan. Sebelum melakukan persuasi sebaiknya kita memastikan bahwa lingkungan atau tempat tersebut sesuai dengan tema persuasi yang akan dilakukan. Persuasi akan sulit diterima jika persuader tidak memiliki kesamaan tujuan dengan persuadee. Misalnya saja seorang ibu yang melakukan pendekatan kepada anaknya agar minat atau tertarik untuk belajar namun hal tersebut dilakukan ditempat area bermain. Tentunya anak tidak akan tertarik dengan apa yang disampaikan sang ibu karena sudah focus dengan keinginannya untuk bermain.
Ø  Bandwagon Technique
Teknik Bandwagon bertujuan untuk membujuk persuadee dengan cara mengemukakan bahwa setiap orang sebagaimana halnya kita, meyetujui gagasan yang dikemukakan. Contoh dari teknik ini yaitu pada saat seorang pimpinan dalam perusahaan mengatakan bahwa sebelum usahanya maju seperti saat ini, ia merintis dari bawah dengan usaha keras untuk mencapai target yang diharapkan hingga mencapai posisi seperti saat ini. Dengan hal ini karyawan atau persuade merasa tekanan yang diberikan perusahaan, semua pernah mengalaminya termasuk pimpinan perusahaan.
Ø  Say It Flowers
Teknik ini dilakukan dengan cara memberi pujian kepada sasaran atas kepandaian, kecakapan, kemampuan serta kelebihan yang dimiliki oleh persuadee sehingga mereka tertarik dengan persuasi yang dilakukan. Contohnya pujian yang diberikan orang tua karena kepandaian anaknya, pujian yang diberikan pimpinan kepada karyawan yang mencapai target dll.
Ø  The Swap Technique
Ini merupakan teknik barter karena mempunyai kepentingan yang sama dengan pihak persuadee. Pada pemasaran umumnya teknik ini dilakukan sebagai promo-promo yang menarik minat pembeli. Misalnya Setiap pembelian pre order 1 unit handphone akan mendapatkan 1 buah handsfree.
Ø  Reassurance
Tehnik ini merupakan kelanjutan dari teknik Putting It Up To You dan Say It with Flowers. Tetap berusaha menjaga hubungan baik serta kedekatan dengan persuadee sehingga mereka yakin terhadap keputusan atau tindakan yang telah diambil.
Teknik lainnya sebagai berikut :
Ø  Technique of Irritation
Ø  The Yes-yes Tchnique
Ø  Don’t Ask If Ask Which
Ø  Answering A Question with Question
Ø  Getting Partial Commitment
Ø  Ask More, so They Settle for Less
Ø  Getting an IOU
Ø  Appeals to Humor
Ø  Appeals to Sex
Ø  Effect of Repetition

Model pengaruh komunikasi persuasif pada Tuton ini
Menurut saya, model yang digunakan  pada Tuton adalah Model Dua Sumber atau lebih. Model ini merupakan sumber yang jumlahnya lebih dari seorang yang bertindak sebagai komunikator. Walaupun pengirim (encoder) pesan biasanya seseorang yang menyusun isi pesan, tetapi tidak selalu demikian.
Dosen sebagai pemimpin dalam Tuton sebagai pengirim pesan memberikan materi yang akan menjadi topik bahasan bagi mahasiswa. Namun mahasiswa juga aktif sebagai komunikator dengan menyampaikan topik lain yang mungkin dianggap sulit dalam pembelajaran serta mahasiswa lain yang member tanggapan.
Materi yang disampaikan dalam Tuton diharapkan menimbulkan ketertarikan bagi mahasiswa sehingga tertarik untuk mengikuti. Timbal balik atau feed back akan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang materi yang disajikan.


Sumber :

Modul UT SKOM 4326

No comments:

Post a Comment