Monday, September 18, 2017

Konsep Dasar Bauran Pemasaran

Konsep dasar bauran pemasaran merupakan paduan dari empat komponen yang diperhitungkan dalam menyusun rencana pemasaran,
a.Sebutkan dan jelaskan empat komponen bauran pemasaran tersebut.
b.Berikanlah contoh kasus bauran pemasaran berkaitan dengan rencana pemasaran media massa.
1. Empat komponen dalam bauran pemasaran, yaitu :
        i.            Produk (product )
Dalam pemasaran, perusahaan perlu menentukan produk apa yang akan dipasarkan sesuai dengan target market perusahaan dan kebutuhan konsumen yang dituju.
      ii.            Harga (price)
Harga merupakan salah satu elemen penting yang perlu dipertimbangkan karena menyangkut kelangsungan produk tersebut. Jika harga jual melebihi standart harga produk lainnya maka akan sulit untuk dipasarkan.
    iii.            Promosi (promotion)
Promosi adalah penunjang dari keberhasilan pemasaran suatu produk. Dengan menetapkan sasaran konsumen yang dituju maka promosi membantu pengkomunikasian kepada konsumen.
    iv.            Sistem distribusi (place)
Tempat distribusi yang tepat akan memudahkan konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan.
2. Salah satu contoh kasus bauran pemasaran berkaitan dengan rencana pemasaran media adalah Line Pay e-cash.
       I.            Produk, yang ditawarkan yaitu layanan pembayaran secara elektronik. Produk yang berupa aplikasi ini memberikan kemudahan dalam hal pembayaran seperti setor tunai, pengiriman uang, tarik e-cash, pembelian pulsa, pembelian rekening listrik, pembayaran e-commerce dll.
    II.            Harga. Terdapat potongan harga pada aplikasi ini jika konsumen menggunakan pembayaran pada layanan aplikasi line pay e-cash.
 III.            Promosi. Agar aplikasi layanan ini banyak di download oleh konsumen maka manajemen pemasaran melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti kerjasama dengan Indomart, setiap konsumen yang mendownload aplikasi ini akan mendaptkan potongan belanja di Indomart senilai Rp 10.000,00
Tempat yang dijadikan “lahan” promosi ini dilakukan langsung pada layanan Line sehingga pengguna Line secara serentak mendapatkan informasi produk-produk yang dikeluarkan Line.

No comments:

Post a Comment