Monday, September 18, 2017

Masukan sistem ( Input ) dan Keluaran sistem ( Output ) pada Analisis Sistem Informasi

1. Jelaskan perbedaan masukan sistem (input) dan keluaran sistem (output).
2. Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolahan yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Buatlah contoh suatu sistem dalam sebuah kegiatan.
3. Nilai dari informasi ditentukan oleh dua hal yaitu manfaat dan dan biaya untuk mendapatkannya. Jelaskan.
1. Perbedaanya terletak pada kegiatan yang dilakukan, masukan sistem (input) merupakan kegiatan mengumpulkan data atau informasi yang dibutuhkan oleh sistem. Baik berupa data fisik (hardcopy) maupun data non fisik (softcopy). Sedangkan keluaran sistem (output) adalah hasil dari pengolahan sistem. Hasilnya tergantung dari sistem yang digunakan, misalnyanya sistem pemasaran maka hasil yang didapatkannya berupa produk yang akan dipasarkan.
2. Contoh sistem yang saya gunakan pada sebuah kegiatan yaitu, sistem Myob. Sistem Myob adalah sistem yang digunakan untuk membuat laporan keuangan suatu perusahaan.
Masukan sistem (input) yang digunakan sebagai informasi adalah data perusahaan yang berbentuk hardcopy dan softcopy seperti rekening koran bank yang terdiri dari uang masuk (debit) dan uang keluar (kredit) sebagai pendapatan atau pengeluaran perusahaan kemudian data kas (petty cash) yang merupakan pencatatan atas biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk keperluan pembelian material suatu produk atau jasa yang dijual ( HPP ) ataupun biaya penunjang kebutuhan kantor lainnya seperti biaya gaji karyawan, biaya pembelian asset kantor, biaya listrik & telephone dll. Setelah data di klasifikasikan berdasarkan akun masing-masing langkah selanjutnya di input dalam sistem Myob. Dalam sistem Myob masing-masing data akan terstruktur atau terbagi berdasarkan  account list yang telah tercatat antara lain sebagai Asset, Liability, Equity, Income, Cost of sales, Expanse, Other Income, dan Other Expance.
Keluaran sistem (output) dari sistem Myob tersebut adalah hasil pembagian account list dalam Myob yang dapat dilihat pada report accounts yaitu balance sheet dan Profit & Loss. Angka yang tertera merupakan hasil akhir yang diperlukan suatu perusahaan, apakah perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan (profit) atau kerugian (Loss). Output ini dijadikan acuan dalam membuat kebijakan atau pengambilan keputusan perusahaan.
3. Tujuan akhir dari pengelolaan informasi pada suatu perusahaan adalah mendapatkan manfaat sesuai dengan harapan yang diinginkan. Dalam modul dijelaskan bahwa :
       I.            Jika nilai marginal > biaya marginal = peningkatan output.
    II.            Jika nilai marginal < biaya marginal = penurunan output.
 III.            Jika nilai marginal = biaya marginal = output optimum.

Terkait manfaat dan biaya maksudnya adalah, jika manfaat informasi yang dibutuhkan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan maka nilai dari informasi tersebut merupakan peningkatan output, tetapi jika lebih besar biaya yang dikeluarkan maka nilai informasi tersebut merupakan penurunan output sedangkan jika nilai informasi yang dibutuhkan sama dengan biaya yang diperlukan maka nilai informasi tersebut merupakan output optimum.

No comments:

Post a Comment