Friday, April 24, 2015

TEKNIK MENCARI DAN MENULIS BERITA ( TUGAS 3 )



Tutorial Online, tak lagi asing bagi mahasiswa Universitas Terbuka. Sistem belajar online yang dapat dilakukan dimana saja. Forum diskusi yang membantu para mahasiswa untuk berbagi dan membahas kesulitannya dalam memahami materi. Mudah memang jika hanya dilakukan dengan copy paste, plagiat yang sangat di”haram”kan didunia akademis. Namun jika benar-benar dikerjakan dengan pemahaman materi serta dikombinasikan dengan informasi yang bisa didapatkan melalui browsing hal tersebut membutuhkan waktu.
Sebut saja Finnland, salah satu mahasiswi Universitas Terbuka yang juga seorang ibu sekaligus karyawan disebuah perusahaan swasta. Sebenarnya bagi Finnland Universitas Terbuka pernah dijalaninya kira-kira 10 tahun yang lalu. Namun dikarenakan kurangnya pemahaman tentang system belajar alhasil gagal dengan 2 semester tidak dapat dihindarkan. Sulit satu kata yang mungkin saat ini disesalinya. Jangankan Tutorial Online cara mendapatkan buku-buku modul pun tidak tahu yang Finnland tahu hanya dating pada saat ujian. Bahkan informasi ujian pun diketahuinya beberapa hari sebelum hari H. Hal tersebut tidak memungkinkan tentunya . Kini demi cita-cita yang terlambat digapai, Finnland berusaha bangkit dan mencoba menyelesaikan sebaik mungkin dengan segala kterbatasannya.
Baginya waktu begitu cepat hingga terkadang sulit sekali untuk membagi waktu. Telat mengerjakan tugas Tutorial Online seringkali terjadi namun sebisa mungkin mengejar semua ketinggalan dengan segala keterbatasan dan tak jarang mencuri waktu disela-sela pekerjaan untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut. Dengan 8 inisiasi yang disediakan, diharapkan semua mahasiswa memberikan tanggapan maupun mengerjakan tugas-tugas yang ada. Tiap inisiasi berisi tentang materi-materi yang berhubungan bahan ajar yang sudah disediakan namun tidak menutup kemungkinan juga materi yang diberikan berkaitan dengan kejadian yang sehari-hari dilingkungan.
Tengah malam seringkali menjadi teman bagi Finnland untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Keheningan malam merupakan saat yang tepat baginya karena suasana yang sunyi memberikan ketenangan yang luar biasa. Tidak selalu berisi tugas memang, terkadang Tutor hanya memberikan atau membuka forum untuk berdiskusi. Pada waktu semester 1 dan 2,  Finnland masih bisa mengerjakan melalui smartphone karena materi diskusi hanya berkisar kehidupan sehari-hari sehingga tidak perlu mencari banyak sumber untuk pemahaman yang mendalam. Kini disemester berikutnya diperlukan pemahaman materi yang lebih mendalam, browsing mencari informasi materi terkait amat diperlukan untuk dapat mengerjakan tugas dengan hasil yang maksimal. Menyatukan berbagai informasi dan mengkaitkannya kemudian dirangkai dengan kata-kata sehingga tidak ada unsur plagiat didalamnya.
Kecewa pernah dirasakan Finnland, pada saat salah satu mata kuliah yang ditekuni dan berusaha sangat aktif pada mata kuliah tersebut namun hasil ujian yang didapatkannya sama dengan mata kuliah lainnya yang pada saat Tutorial Online tidak diikutinya dengan aktif. Baginya kecewa haruslah membuatnya tetap semangat agar kuliahnya saat ini dapat selesai dengan hasil yang memuaskan. Tak ingin gagal untuk yang kedua kali tentunya. Dengan 3 tugas yang diberikan Tutor pada inisiasi ke 3,5 dan 7 sebenarnya sangat membantu Finnland untuk memahami materi walau terkadang ada Tutor yang memberikan materi ataupun tugas yang melebihi dari modul. Misalnya saja ketika salah satu Tutor memberikan tugas 3 namun materi yang dipertanyakan ada pada modul 6 sulit rasanya bagi Finnland untuk mengerjakan. Beda Tutor beda mata kuliah tentunya memiliki kebijaksanaan tersendiri dalam memberikan materi, hal inilah yang selalu berusaha untuk dipahami oleh Finnland.
Universitas Terbuka, merupakan Universitas yang kegiatannya banyak dilakukan dengan layanan online. Tak hanya diskusi materi seperti Tutorial Online saja namun fasilitas seperti Ruang Baca Virtual sebagai perpusatakaan digital sangat membantu sehingga tanpa membeli modul pun tetap dapat membaca materi dengan baik. Hal inilah yang sangat disukai Finnland, dengan keterbatasan waktu yang dimilikinya maka layanan online Universitas Terbuka sangat membantu. Dan terakhir Kartu Tanda Peserta Ujian pun bisa didapatkan dengan online. Awalnya Finnland harus izin kerja karena harus mengambil Kartu Tanda Peserta Ujian. Dengan jarak tempuh yang cukup jauh dari tempat tinggalnya dan alat transportasi yang sangat lama ditunggu, namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya. Kini hal itu tidak lagi menjadi hambatan. Kemudahan sudah diberikan, hanya semangat dan keinginan yang keras yang kini diperlukan.
Finnland hanya segelintir ibu yang berusaha menyelesaikan pendidikannya ditengah aktifitasnya sebagai ibu dan karyawati. Mungkin bukan hanya Finnland yang mempunyai kesempatan untuk mengejar cita-cita,. Saya dan anda pun dapat berbagi cerita ini dikemudian hari.
Pendidikan adalah hal yang berguna sampai kapan pun, dengan ilmu yang didapat tentunya dapat merubah cara pandang serta pola pikir setiap individu. Intelektual sebagai mahasiswa pun akan berguna dilingkungan kelak.

No comments:

Post a Comment