Thursday, October 29, 2015

Contoh Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Komunikasi verbal dan non verbal merupakan komunikasi yang tidak terpisahkan karena masing-masing bekerja untuk menciptakan suatu makna, guna mencapai komunikasi yang efektif.
            Pada contoh diatas melipat tangan berdasarkan budaya Indonesia dipersepsikan sebagai bentuk menutup diri/ sombong/ angkuh dll. Perbedaan persepsi didasari oleh adanya perbedaan budaya suatu bangsa. Tindakan yang dilakukan Presiden IMF tersebut dinilai tidak menghargai Presiden Soeharto sebagai wakil dari negara Indonesia.
Menurut Don Stack komunikasi verbal dan non verbal memiliki sifat holistic yang dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :
1.      Kesenjangan ( Intentionality )
Pada tahap ini, sikap yang dilakukan Presiden IMF, menunjukan adanya kesenjangan kebutuhan sehingga menimbulkan sikap yang tidak layak untuk ditunjukan oleh seorang pimpinan IMF.
2.      Perbedaan-perbedaan simbolik ( symbolic differences )
Ini merupakan tahapan adanya perbedaan persepsi yang ditimbulkan akibat adanya perbedaan budaya suatu bangsa atau negara.
Bagi Presiden IMF mungkin yang dilakukannya merupakan hal yang biasa dilakukan pada saat menunggu ( menunggu Presisen Soeharto menandatangani perjanjian ).
3.      Mekanisme Pemrosesan ( processing mechanism )
Semua informasi termasuk komunikasi diproses melalui otak, kemudian otak menafsirkan informasi lewat pikiran yang berfungsi mengendalikan perilaku fisiologi ( reflex ) dan sosiologi ( perilaku yang dipelajari dan perilaku social)
Pada saat penandatangan surat perjanjian pinjaman uang tersebut, merupakan pinjaman Indonesia untuk yang kesekian kalinya dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh IMF. Persyaratan itu dinilai IMF, Indonesia tidak sungguh-sungguh untuk menjalankan persyaratan tersebut sehingga menimbulkan perilaku reflex yang terkesan tidak menghargai Indonesia.
Perilaku tersebutlah yang menjadikan kemarahan rakyat Indonesia atas tindakan non verbal yang dilakukan oleh Presiden IMF.
Sumber :

Modul UT SKOM 4318 Komunikasi Antarbudaya

No comments:

Post a Comment