Tuesday, March 24, 2015

Struktur Pesan Satu Sisi dan Dua Sisi

             Pengertian dari struktur pesan satu sisi adalah penyusunan sturktur pesan yang menekankan hanya pada sisi kepentingan pihak pengirim pesan saja dan hanya menyampaikan kelebihan atau keuntungannya.
Misalnya, seorang sales canvasser Esia yang sedang roadshow menjual suatu produk “SP Cring” yaitu kartu perdana yang digunakan untuk internet ataupun android. Sales tersebut menjelaskan keuntungan serta murahnya produk SP Cring, dimana dengan harga minimal Rp 30.000 namun kuota yang didapatkan 25GB cukup besar sehingga dapat digunakan kapan saja tanpa batasan waktu dan tidak perlu takut kehabisan kuota. Penjelasan yang disampaikan diharapkan pengguna tertarik untuk membeli dan terjadi peningkatan penjualan dari produk SP Cring.
Contoh lainnya lagi, seorang komunikator menyampaikan pesan tentang manfaat penggunaan “kondom”. Komunikator menjelaskan perlunya kondom digunakan untuk mencegah hal-hal negative seperti kehamilan, penularan penyakit kelamin dan kondom juga bermanfaat sebagai terapi bagi pasangan infertilitas yang disebabkan antibody oleh antisperma yang diduga menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan potensi membuahi sel telur ( ovum ) dalam tubuh perempuan. Pesan tersebut disampaikan dengan harapan komunikan mempunyai penilaian positif dari penggunaan kondom serta sebagai pengganti alat kontrasepsi KB.
            Pengertian struktur pesan dua sisi yaitu penyampaian pesan yang menitikberatkan kepentingan komunikator dan juga komunikan. Pesan disampaikan dengan memberikan gambaran positif dan negative dari suatu produk. Sehingga komunikan paham betul kelebihan maupun kekurangan dari isi pesan yang disampaikan.
Contohnya dapat kita lihat dari contoh pesan satu sisi yang sudah diuraikan. Dimana sales canvasser Esia tidak hanya menjelaskan tentang kelebihan dan keuntungan SP Cring tetapi juga menjelaskan kendalanya serta cara mengatasi kendala tersebut. Misalnya saja, jika terjadi gangguan jaringan maka pengguna diharapkan menghubungi custamor service esia sehingga dapat membantu pengguna.
Ataupun pada saat komunikator menjelaskan manfaat tentang penggunaan kondom, juga menjelaskan bahwa kondom ini tidak 100% mencegah kehamilan ataupun penyakit yang mungkin dapat ditularkan serta bagi pengguna yang berkulit sensitive dan menyebabkan alergi kulit
            Kesimpulannya struktur pesan dua sisi lebih detail dalam memberikan informasi bagi komunikan sedangkan struktur pesan satu sisi hanya menjelaskan dengan harapan mendapatkan keuntungan dari informasi yang disampaikan.

Sumber :
masbhoy.wordpress.com/2010/06/09/modul-efektifitas-komunikasi

http://health.detik.com/read/2012/07/12/195644/1964169/763/10-kekurangan-dari-pemakaian-kondom?u18=1

2 comments: