Tuesday, March 24, 2015

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kelompok Sistem Komunikasi dalam Hukum Media Massa

Faktor-faktor apa yang paling signifikan yang mempengaruhi perkembangan kelompok system komunikasi dalam Hukum Media Massa?
            Sistem komunikasi dalam hukum media massa sangatlah penting karena mampu menyalurkan atau menyampaikan pesan kepada khalayak. Dan jangkauan penyampaiannya pun mampu menyeluruh keberbagai lapisan masyarakat. Sistem komunikasi memberikan dampak positif bagi perkembangan kehidupan manusia, segala kemudahan dapat diperoleh dengan memanfaatkan media ini namun dalam siklus kehidupan seiring adanya perkembangan juga diiringi dengan adanya dampak negative yang menyertai sehingga diperlukan kontrol dalam penggunaannya. Karena itu hal-hal yang mempengaruhi perkembangan sistem komunikasi dalam hukum media massa menjadi tolak ukur yang sangat penting.
            Menurut saya faktor yang penting dan mempengaruhi perkembangan kelompok sistem komunikasi dan dalam hukum media massa antara lain :
1.      Latar Belakang Budaya
2.      Perkembangan Teknologi
3.      Hukum yang Berlaku

1.                  Latar Belakang Budaya
Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator dengan komunikan maka komunikasi semakin efektif. Contohnya saja hukum media massa di Indonesia sangat dipengaruhi sejarah zaman Belanda, terdapat nilai-nilai yang ikut menentukan praktek hukum media yang ada, hal ini karena pada awalnya Indonesia merupakan negara jajahan Belanda. Sebagai negara jajahan maka media massa saat itu tidak dapat berkembang karena keberadaannya dimonopoli oleh kepentingan pemerintahan Belanda. Dan hal itu tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga terjadi dibanyak negara di Asia. Kebebasan media massa ditentang dan ditekan dibanyak negara Asia. Diwilayah Asia Pasifik sendiri merupakan wilayah yang memiliki tingkat penyensoran yang tinggi, hal ini menunjukkan bagaimana media dikekang keberadaannya sehingga sulit untuk menginterpretasikan pesan secara aktual.
Di Amerika sendiri dalam perkembangannya media massa sudah dibentuk UU yang mengatur regulasi media ini sehingga sudah terdapat ketentuan yang berlaku dan mengatur penggunaannya.

2.                  Perkembangan Teknologi
Teknologi yang makin canggih saat ini membawa dampak positif bagi perkembangan komunikasi. Dengan adanya media-media baru memberi manfaat serta kemudahan diberbagai segi. Informasi dapat berkembang pesat hampir keseluruh pelosok. Media menjadi perantara antar berbagai bidang kehidupan. Misalnya saja dengan adanya internet di era saat ini, memicu segala kemudahan. Dari segi pendidikan, pelajar maupun mahasiswa dapat mengakses sumber-sumber pendidikan sehingga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan serta membantu untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar. Perkembangan teknologi juga sangat berperan dimasyarakat antara lain dalam dunia hiburan, media massa menjalin antar invidu dalam masyarakat. Dari sisi ekonomi media massa membantu memberikan infomasi tentang perkembangan ekonomi yang terjadi, seperti perkembangan bursa efek, mempermudah transaksi jual beli yang terjadi, informasi pemogokan kerja yang menyebabkan kerugian suatu perusahaan dll. Perkembangan teknologi bagi media massa dimasyarakat tidak hanya membawa dampak positif saja tetapi juga dampak negative yang seringkali menjadi boomerang tersendiri dimasyarakat, contohnya saja tindak kekerasan yang kerap terjadi dimasyarakat seringkali disebabkan karena tontonan dimedia televisi yang menayangkan kekerasan dan tanpa disadari menjadi contoh yang tidak baik. Hal ini amat disayangkan karena media yang seharusnya menjadi era membangun justru disalah artikan. Diperlukan pakem-pakem dalam masyarakat maupun hukum yang mengatur keberlakuan media massa dalam masyarakat. Contoh lainnya media radio, dengan adanya media ini masyarakat belajar bagaimana menginterpretasikan sebuah komunikasi tanpa adanya tatap muka namun komunikasi tetap dapat terjalin. Informasi lebih mudah didapatkan dengan adanya teknologi yang berkembang dimedia massa.

3.                  Hukum yang Berlaku
Media massa sebagai penghubung dimasyarakat haruslah sesuai dengan norma dan etika hukum yang berlaku. Penerapan hukum dibeberapa media massa menjadi tolak ukur privasi seseorang dimedia. Hukum ini berguna melindungi hak-hak individu dari penyalahgunaan media dimasyarakat.
Penggunaan hukum yang berkaitan dengan media massa ditiap negara berbeda-beda, dan hal inilah yang mempengaruhi perkembangan media massa itu sendiri. Misalnya saja hukum tentang pencemaran nama baik, dimana hukum secara tegas melindungi masyarakat dengan UU yang berlaku. UU ini ditiap negara berbeda penggunaannya, di Indonesia sendiri menurut saya UU ini sering kali mencekal kebebasan berpendapat individu, dimana bila seseorang memberikan tanggapan yang negative maka dapat dikenakan sanksi, sedangkan dinegara-negara barat pada umumnya hal ini adalah hal yang biasa terjadi. Tiap-tiap individu berhak menyatakan pendapatnya tentang orang lain tanpa khawatir dikenakan sanksi yang berlebihan. Oleh sebab itu media massa diluar negeri lebih berperan aktif, dan terbuka dalam penyampaian berita. Walaupun demikian masyarakat Indonesia sendiri sudah semakin krtits dengan hak-haknya sehingga tidak hanya berpangku tangan dengan hukum yang berlaku sehingga diperlukan revisi hukum-hukum yang berlaku. Hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan media massa, khususnya di Indonesia.

Kesimpulannya
Ditiap negara memiliki latar belakang budaya, perkembangan teknologi maupun hukum-hukum yang berlaku yang berbeda dan sangat mempengaruhi perkembangan media massa dalam penyampaiannya dimasyarakat.
Diperlukan perspektif dalam menginterpretasikan media massa dimasyarakat sehingga dapat mengkontrol penggunaanya secara positif dan mengatasi dampak negative yang mungkin ditimbulkan. Peran aktif masyarakat dan pemerintah sangat menunjang perkembangan media massa.

Sumber :
Buku Materi Pokok SKOM 4439/Modul 1 - 9
http://konsepblackbook.blogspot.com/2012/10/pengaruh-media-massa-terhadap-sikap.html

http://komunikasikomunikan.wordpress.com/2012/06/29/mass-communication-theory-medium-culture-and-society/

No comments:

Post a Comment