Thursday, October 29, 2015

Gambaran Hubungan Industrial

Pengertian hubungan industrial menurut Suwarto adalah sebagai suatu system hubungan yang terbentuk di antara para pelaku proses produksi barang atau jasa. Pihak yang terkait didalam hubungan industrial adalah pekerja, pengusaha dan pemerintah. Hubungan ini mengatur peran masing-masing pihak dan proses didalamnya. Gambaran dari hubungan industrial yang multi relasi, multi aspek, dinamis dan kompleks dapat kita contohkan pada salah satu perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel.
            Perusahaan telekomunikasi ini, memiliki banyak relasi ( multi relasi ) yang menunjang kemajuan perusahaan tersebut. Misalnya saja beberapa kerjasama yang dilakukan antara Telkomsel dengan perusahaan-perusahaan lainnya, salah satunya dengan perusaahaan telephone pintar / smartphone Huawei, kerjasama ini bertujuan memperkuat jaringan layanan network dan paket bundling. Selain itu juga ada kerjasama Bank Riau Kepri, PT Finnet dan Telkomsel. Kerjasama ini dilakukan untuk pengisian ulang kartu pra bayar Telkomsel dibeberapa bank tersebut. Dibidang pendidikan Telkomsel juga melakukan kerjasama dengan salah satu universitas di Bogor yaitu universitas Ibn Khaldun. Kerjasama ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa UIKA untuk magang di salah satu perusahaan telkomsel. Kemudian untuk menujang proses pendidikan dilakukan pemberian mata kuliah umum oleh Telkomsel tentang perkembangan teknologi telekomunikasi dan IT.


Dari contoh tersebut dapat saya simpulkan bahwa gambaran hubungan industrial mencakup banyak aspek guna berkompetisi dalam persaingan untuk memajukan perusahaan. Dengan membangun multi relasi dengan banyak aspek (multi aspek) didalamnya akan mempermudah untuk perusahaan melakukan inovasi yang dinamis dalam masyarakat. Selain itu memperhatikan kebijaksanaan yang diterapkan kepada buruh atau pegawai guna mensejahterakan para pekerja. Pemerintah, pengusaha dan buruh harus berjalan beriringan guna memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

Sumber :

No comments:

Post a Comment